MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA "

Sedikit Info Seputar MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA " Terbaru 2017 - Hay gaes kali ini team Zona Free Game Android , kali ini akan membahas artikel dengan judul MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA ", kami selaku Team Zona Free Game Android telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Zona Free Game Android . semoga isi postingan tentang Artikel Hardware, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul: Berbagi Info Seputar MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA " Terbaru
link: MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA "

"jangan lupa baca juga artikel dari kami yang lain dibawah"

Berbagi MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA " Terbaru dan Terlengkap 2017


Pada era modern sekarang ini sudah banyak komputer yang menggunakan monitor yang serba datar. Baik untuk monitor yang dipakai untuk bekerja maupun sebagai layar televisi. Tapi beberapa orang tidak mengerti mengenai jenis dari monitor yang mereka pakai.

Salam smart IT untuk anda semua pembaca setia artikel printerilmu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis dan fungsi monitor. Setelah artikel sebelumnya membahas mengenai kelebihan dan kekurangan windows 10.

Pengertian Monitor itu sendiri adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor.

Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit). Ukuran layar monitor saat ini cukup beragam apalagi dipasaran sangat bervariasi mulai dari 14″, 17″, sampai 21″. Monitor yang disarankan adalah yang memiliki Resolusi  1024×768 piksel agar mata kita tidak cepat lelah dan tidak merusak mata.

FUNGSI MONITOR
Monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Fungsi lainnya dari monitor adalah menampilkan data-data berupa grafis tampilan dari prosesor untuk ditampilkan agar pengguna bisa melihat apa yang sedang dioperasikannya. Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia. Sebuah layar monitor 17-inci dapat memiliki resolusi 1024×768, sedangkan layar 20-inci akan memiliki 1600×1200. Jumlah dalam inci adalah ukuran layar monitor diagonal, sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixel. Meskipun laptop memiliki built-in monitor, beberapa laptop tersedia dengan port S-Video, yang memungkinkan kabel S-Video untuk plug ke televisi tertentu. Ketika televisi berubah ke input yang tepat, akan bertindak sebagai cloning.

JENIS MONITOR
Terdapat terdapat beberapa jenis monitor yaitu diantaranya :
Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor CRT (Cathode Ray Tube) atau bisa disebut Monitor tabung. Cathode Ray Tube (CRT) / Tabung sinar katoda adalah tabung vakum yang berisi sumber elektron yang digunakan untuk melihat gambar untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron ke layar neon untuk menciptakan gambar. Gambar dapat mewakili bentuk gelombang listrik (osiloskop), gambar (televisi, monitor komputer), radar target dan lain-lain. Tipe ini menggunakan tabung hampa yang dibungkus dengan kaca.
Tampilan yang dihasilkan dari monitor CRT ini atas pancaran dari sinar elektron (katoda) dengan keceoatan tinggi di dalam tabung hampa udara. Lalu pancaran sinar elektron tersebut menumbuk layar dengan sifatnya yang flouroscent dan pada akhirnya bisa membentuk sebuah pola pada layar. Keuntungan dengan menggunakan jenis monitor CRT yaitu harganya yang terbilang lebih murah. Namun disisi lain kelemahan dari monitor ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar serta pancaran dari radiasi elektromagnetiknya bisa membuat mata cepat lelah.

Plasma Display
Plasma Display Sebuah layar plasma adalah video tampilan komputer dimana setiap piksel pada layar diterangi oleh sedikit kecil plasma atau gas yang dibebankan, agak seperti lampu neon kecil. Plasma menampilkan lebih tipis dari tabung sinar katoda (CRT) menampilkan dan lebih terang dari liquid crystal display (LCD). 
 
Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) Tipe monitor ini tidak menggunakan tabung dan gambar yang dihasilkan mempunyai tingkat presisi yang tinggi dan benar-benar datar. Monitor LCD merupakan salah satu jenis media tampilan yang bahannya menggunakan kristal cair. LCD yang berwarna terdiri atas banyak piksel atau titik cahaya yang mana titiknya itu merupakan satu buah kristal cair. Meskipun berupa titik cahaya, namun kristal tersebut tidak bisa memancarkan cahaya karena cahayanya bersumber dari lampu neon yang mempunyai warna putih yang berada di belakang susunan kristal tersebut.
 
Monitor LED
Monitor LED adalah monitor generasi baru, monitor ini hampir sama dengan monitor LED tapi yang membedakan adalah jumlah pixelnya yang membuat ketajaman gambarnya lebih nyata. Setiap kondisi pixel di layar disimpan ke dalam memori yang disebut : frame buffer.
Pixel mempunyai informasi mengenai :
a)        Lokasi.lokasi memoridi frame buffer. Banyaknya (lokasi) pixel yang dapat disimpan disebut sebagai resolusi

b)        Warna = banyaknya byte di frame buffer = 2n
Ø  1 bit memori = 21 warna = 2 warna
Ø  4 bit memori = 24 warna = 16 warna
Ø  8 bit memori (1 byte) = 28 warna = 256 warna

c) Kapasitas memori membatasai banyaknya pixel yang ditampilkan dan warna yang dapat direpresentasikan.


Semoga informasi mengenai jeni dan fungsi dari monitor ini bermanfaat dan menambah ilmu anda semua pembaca setia artikel printerilmu. Baca juga artikel menarik lainnya yang membahas mengenai dampak radiasi dari penggunaan komputer terhadap tubuh  kita. Salam smart IT

Itulah sedikit Artikel MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA " terbaru dari kami

Semoga artikel MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA " yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Zona Free Game Android . jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca MONITOR " JENIS DAN FUNGSINYA "