JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA

Sedikit Info Seputar JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA Terbaru 2017 - Hay gaes kali ini team Zona Free Game Android , kali ini akan membahas artikel dengan judul JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA, kami selaku Team Zona Free Game Android telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Zona Free Game Android . semoga isi postingan tentang Artikel Hardware, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul: Berbagi Info Seputar JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA Terbaru
link: JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA

"jangan lupa baca juga artikel dari kami yang lain dibawah"

Berbagi JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA Terbaru dan Terlengkap 2017


“Mouse merupakan device yang digunakan untuk menggerakan cursor dan menunjukan perintah pada program yang ditampilkan pada layar monitor.”
(By : Kukuh Novaris)

Salam smart IT bagi anda semua pembaca setia artikel printerilmu. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai jenis mouse dan fungsinya. Mouse sendiri tidak hanya berfungsi untuk mengarahkan pointer atau kursor tetapi fungsi penting lainnya dari mouse adalah untuk melakukan klik, double klik dan scroll. Pada mouse terdapat tombol kiri dan tombol kanan. Pada klik kiri 1x berfungsi untuk memilih menu atau icon dan klik kiri 2x untuk membuka menu yang dituju.

Sejarah Mouse Komputer
Sejarah Mouse Komputer berawal dari ditemukannya 'Trackball oleh Ralph Benjamin, seorang Angkatan Laut Kerajaan Inggris,  pada tahun 1946. Trackball merupakan komponen dari sebuah sistem radar, yang kemudian dikenal dengan CDS (Comprehensive Display System).

Kemudian pada tahun 1963 prototipe mouse pertama kali diciptakan. Saat itu tercatat sebagai tahun dimana mouse ditemukan. Adalah Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute yang berhasil menciptakan prototipe mose tersebut, dalam peletiannya Douglas dibantu oleh insinyur kenamaan, Bill English. Bentuk mouse yang mereka buat saat itu, merupakan gambaran bentuk mouse yang kemudian berkembang hingga saat ini. Atas penemuannya tersebut  Douglas Engelbart dikenal sebagai Father of Mouse (Bapak Mouse).
Barulah pada tahun 1973, sejarah mouse komputer memasuki babak baru, karena ditahun tersebut mouse modern mulai dikenal ke publik. 'Xerox Alto' merupakan perangkat komputer yang pertama kali yang dirancang sebagai Personal Computer (PC), yaitu perangkat komputer yang digunakan secara individual, serta komputer ini disebut-sebut sebagai kakek moyang dari komputer yang dilengkapi mouse.

Berikut beberapa mouse yang dibedakan berdasarkan portnya:

Mouse Serial
Mouse mungkin ada sebagian temen-temen Sudah memakainya atu juga belum sama sekali, ya bisa di bilang sudah jarang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Biasanya mouse ini digunakan pada computer Pentium 1 dan Pentium 2.



Mouse PS/2
Mouse yang digunakan pada computer Pentium 3 dan Pentium 4 mungkin anda sudah sering memakainya atau sudah tidak asing lagi.






Mouse USB
Mouse USB ini merupakan jenis yang sudah sering digunakan pada saat ini. Dilihat dari bentuknya, mouse USB ini mempunyai ciri khas yang berbentuk port pada ujung kabelnya. Penggunaanya sangat mudah, anda tinggal colokkan atau plug ke port USB komputer dan siap digunakan.


Mouse Wirelless
Mouse terbaru tanpa kabel. Kini Mouse Wireless sudah meluas dikalangan masyarakat. Teknologi terbaru mouse ini adalah dengan adanya fiture wireless maka penggunaan kabel pun berhasil dihilangkan dan bisa digunakan dari jarak jauh dari komputer. Penggunaan mouse wireless sangat mudah, tinggal masukkan device wireless ke port usb dan mouse pun secara otomatis akan mendeteksi sinyal wireless. Untuk harga mouse wireless ini memang cukup mahal dibandingkan dengan mouse kabel. Kekurangan lainnya adalah adanya baterai yang diletakkan pada mouse sehingga harus secara rutin menggantinya apabila daya baterai sudah dalam keadaan lemah.

Mouse Optic
Mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar laser yang berwarna-warni.Sedangkan Fisik mouse mempunyai dua jenis yang yang biasa digunakan, perbedaan kedua jenis mouse ini dapat dilihat dari fisiknya, memang sangat berbeda jauh.  Keterangan masing – masing mouse adalah sebagai berikut:
Mouse Optic
Mouse jenis optic ini memang sudah sangat menjamur di setiap pengguna komputer dikarenakan penggunaanya yang mudah. Mouse jenis optic ini menggunakan teknologi optic untuk menggerakkan pointer yang diletakan dibagian bawah mouse. Mouse ini menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) dalam operasinya serta pencitraan array dari sebuah foto dioda agar dapat merekam gerakan di permukaan bidang datar. Jika mouse mekanik menggunakan trackball untuk menggerakan radar penggerak, maka tidak demikian pada Optical Mouse, mouse jenis ini tidak ada komponen dalam sebagai radar penggerak. Sedangkan Mouse Laser merupakan keluarga Optical Mouse yang beroperasi menggunkan koheren cahaya laser.

Track Ball
Jenis mouse trackball dapat dengan mudah dikenali yaitu dengan melihat adanya bola kecil yang digunakan untuk menggerakan pointer. Mouse generasi pertama ini, pertama kali dikenalkan oleh perusahaan perangkat komputer yang berbasis di Jerman, Telefunken, pada tahun 2 Oktober 1968. Mouse ini dikenali dengan menggunakan trackball (mouse bola), sebagai pengganti roda, yang memungkinkan pengguna memindahkan kursor kesegala arah.

Gaming Mouse (Mouse Game)
Masih di jenis-jenis mouse, dalam pengertian mouse komputer, adalah gaming mouse. Sesuai dengan namanya, Gaming Mouse ini diperuntukan sebagai mouse bagi para gamer (pencinta game komputer).  Berbagai desain gaming mouse pun telah diciptakan saat ini, tentunya dengan variasi bentuk dan fungsi tambahan yang beragam. Gaming Mouse dari segi bentuknya dapat dibedakan menjadi tiga bentuk, yaitu:
Ø  Claw Grip Mouse : Gaming Mouse yang dilengkapi dengan sandaran tangan, posisi jari ditekuk.
Ø  Palm Grip Mouse : Gaming Mouse yang digukan dengan tangan bertumpu pada mouse, posisi jari menjulur memanjang.
Ø  Finger Tip-Grip Mouse : Seperti namanya, gaming mouse ini digunakan dengan jari (finger), posisi telapak merenggang alias tak menyentuh mouse.

Inertial and Gyroscopic Mouse (Mouse Inertial dan Mouse Gyroscopic)
Umumnya jenis mouse ini disebut juga 'Air Mouse', dalam bahasa indonesia diartikan sebagai 'mouse udara' atau 'mouse melayang', karena memang saat dioperasikan tidak memerlukan bidang datar sebagai alas. Mouse ini cocok digunakan oleh seorang public speaker yang menggunakan slide presentasi, atau presenter. Jenis mouse ini biasanya tidak menggunakan kabel penghubung (cordless).

Tactile Mouse (Mouse Sentuh)
Jenis mouse selanjutnya yaitu Tactile Mouse atau Mouse Sentuh. Dalam mouse jenis ini disematkan semacam aktuator kecil sebagai ditektor yang mampu menciptakan getaran. Kelebihan dari jenis Tactile Mouse yaitu dapat meningkatkan user-interface melalui haptic feedback, semisal memberikan umpan balik (respon) kepada penggunanya saat keluar dari jendela program (window).

Ergonomic Mouse (Mouse Ergonomis)
Yang terakhir dari jenis mouse komputer, dalam pengertian mouse komputer yaitu Ergonomic Mouse. Terciptanya jenis ini pada dasarnya bertujuan agar memberikan kenyamaan saat pengguna mengoperasikan mouse, karena kenyamanan tersebut tidak didapatkan saat menggunakan mouse kebanyakan. Selain itu Mouse Ergonamik juga diciptakan untuk menghindari terjadinya cedera seperti arthritis, carpal tunnel syndrome, serta cedera regangan lainnya. Oleh karenanya bentuk Ergonomic Mouse ini dirancang agar senyaman mungkin saat digunakan, dan memperhatikan dengan detail sandaran tangan, posisi tangan, jangkauan tombol dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semuanya.


Rekomendasi dari saya ketika anda ingin membeli sebuah mouse adalah dengan memilih mouse sesuai kegunaan dan nyaman dipakai. Semoga informasi mengenai jenis dan fungsi mouse diatas bermanfaaat untuk anda semuanya. Salam smart IT

Itulah sedikit Artikel JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA terbaru dari kami

Semoga artikel JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Zona Free Game Android . jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca JENIS MOUSE DAN FUNGSINYA